Feb 29, 2020

Menyatukan Pikiran dan Perasaan


Lukisan Starry Night di atas adalah gambaran kehidupan yang telah dijalani seseorang (dalam hal ini Van Gogh) yang menyimpan banyak kisah suka dan duka, tapi indah. Ia percaya pada harapan, tapi juga berusaha menerima realita. Memang kenyataan dalam hidup terkadang tidak seperti yang kita harapkan. Lalu bagaimana kita menghadapi hal tersebut? Dengan menyatukan pikiran dan perasaan, seperti bahasan SettiaBlog berikut ini.



Menyatukan pikiran dan perasaan mesti dilakukan dalam setiap perbuatan. Dalam masalah aqidah misalnya. Disuatu kawasan kota Bandung ada seorang teman yang girang sekali. Bukan sedang menjadi pengantin, melainkan tengah menanti kelahiran anaknya yang pertama. “Wah pak, saya senang sekali. Kata dokter, hasil USG, anaknya laki-laki!” ungkapnya dengan wajah berseri-seri. Di keluarganya memang dominan perempuan. Segeralah dia menyediakan nama lakilaki yang keren, memadukan nama Arab dengan Rusia, Husni Taufanov. Tepat hari kelahiran anaknya terdapat kejadian lain, ternyata anaknya bukan laki-laki seperti yang diharapkan. Anak lucu itu perempuan. Kecewakah teman tadi? Secara manusiawi sempet beberapa menit rasa tersebut. Ia pun segera sadar bahwa qadla baik dan buruk berasal dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Anak yang baru lahir itu bukan ciptaan ayah atau ibunya, ia pemberian Allah Subhanahu wa Ta’ala tanpa ‘bermusyawarah’ atau pemberitahuan terlebih dahulu. Allah Subhanahu wa Ta’ala menetapkan anak yang diamanahkan kepadanya saat ini adalah perempuan. Itu adalah qadla. Perasaan kecewa tadi pun hilang berganti rasa senang sebagai bukti keridhaan terhadap qadla Allah Subhanahu wa Ta’ala. “Alhamdulillah anak saya selamat, ibunya juga selamat. Insya Allah, amanah ini akan saya jaga. Saya yakin, ini adalah amanah terbaik yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada saya,” ucapnya sambil mencium kening sang bayi yang dari tadi digendongnya.

Kasus ini menggambarkan orang tadi dalam pikirannya yakin bahwa qadla baik dan buruk berasal dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karenanya, siapapun harus ridla terhadap qadla baik ataupun buruk tersebut. Pada saat ia mendapatkan anak yang berbeda dengan keinginannya, pikirannya berkata, “ini adalah qadla dari Allah Subhanahu wa Ta’ala” perasaannyapun tetap senang sebagai wujud ketundukannya dan keridhaannya kepada qadla tersebut. Dia telah menyatukan pikiran tentang qadla dengan perasaan menerima qadla tersebut. Ketika Nabi bersembunyi di gua Tsur akan berhijrah ke Madinah, orang-orang kafir Quraisiy hampir menemukan mereka berdua. Abu Bakar yang menyertai nabi khawatir akan terjadi sesuatu yang tidak diharapkan. Nabipun menenangkan Abu Bakar, “Janganlah engkau sedih, sesungguhnya Allah bersama kita!” al-Qur’an mengisahkan hal ini :

“Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekkah) mengeluarkannya (dari Mekkah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada di dalam gua, di waktu ia berkata kepada temannya: ”Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah bersama kita. Maka Allah menurunkan ketenangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Allah menjadikan seruan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”. (QS.at-Taubah : 40).

Rasulullah dalam kasus tersebut faham bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala bersamanya dan pasti menolongnya. Itulah yang ada dibenak beliau. Lahir dari keyakinan ini, Nabi memiliki rasa tenang, tidak sedih dan yakin akan pertolongan tersebut. Karena itu, beliau menjelaskan kepada Abu Bakar untuk memiliki perasaan tidak sedih atau khawatir. Bercermin pada kasus tersebut banyak sekali nash-nash yang menegaskan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala bersama dengan orang-orang yang sabar (QS. Al-Anfal : 46), akan menolong kaum mukmin (QS. Ar-Rum : 47), dan siapa saja yang menolong agamanya niscaya akan ditolong oleh-Nya (QS. Muhammad : 7). Kaum mukmin yang meyakini hal ini tidak akan merasa tidak akan takut kalah atau lemah, sebab memiliki Allah Subhanahu wa Ta’ala yang berjanji akan menolongnya. Padahal, Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak pernah mengingkari janji dan Dia pasti mampu menunaikan janji-Nya tersebut. Karena itu, kaum muslimin terus berupaya mendakwahkan Islam serta hatinya tenteram, merasa tenang jiwanya dan optimis Islam akan tegak karena ada jaminan dari Allah Pencipta semesta sebagaimana janji-Nya:

"Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan din yang haq agar dimenangkan-Nya atas semua din (agama, ideologi). Dan cukuplah Allah sebagai saksi” (QS. Al-Fath ; 28). Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak memandang rupa atau kekayaannya, sebab orang yang paling mulia menurut Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah orang yang paling takwa
“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”(QS. Al-Hujarat : 13). Dengan demikian siapapun kaum mukmin yang percaya bahwa dirinya bertaqwa tidak akan minder, malu bergaul dengan orang berada atau takut bertemu dengan tokoh. Dia tidak menjadikan semua label (gelar, pangkat, mobil, dsb) tersebut sebagai sesuatu yang bernilai tinggi. Selama ia bertaqwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala maka selama itu pula ia merasa berhak untuk bertemu dengan siapapun, kaya ataukah miskin, rakyat atau pejabat, awam ataukah tokoh. Dia percaya diri! Sebagai ummat Allah Rabbul ‘Alamin telah menegaskan bahwa ummat Muhammad ini adalah ummat terbaik yang dikeluarkan manusia untuk beramar ma’ruf nahi munkar dan beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS. Ali Imran :110)

Pada sisi lain, Dia Yang Maha Gagah berfirman: “Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman”. (QS.Ali-Imran : 139). Ayat-ayat tersebut menegaskan bahwa dari segi pemikiran kaum mukmin adalah umat terbaik. Karena itu, perasaan yang dimilikinya merasa kuat dan unggul di hadapan kaum kafir; bila kekufuran diterapkan kaum kafir dapat menjalankannya, apalagi apabila Islam yang diterapkan oleh kaum mukmin. Dengan demikian, perasaan sebagai kelas dua di dunia ini tidak ada dalam kamus perasaannya dalam peta umat manusia, sekalipun sekarang memang sedang di nomorduakan.

Menyatukan pikiran dan perasaan atas dasar Islam dilakukan dimanapun. Katakan saja, Islam mengajarkan bahwa manusia itu kebanyakan dzalim terhadap dirinya sendiri dan jahil, sekaligus diperintahkan untuk saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Mukmin yang memahami hal ini akan memiliki perasaan senang ketika ada orang lain, siapapun dia yang menunjukan kesalahannya atau menasehatinya. Dia terima dengan senang hati. Bukan sebaliknya, ia mengatakan bahwa saling menasehati itu perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala, tetapi giliran ada orang lain yang menasehatinya malah muncul kesombongan dan keangkuhan. Keadaan terakhir ini menggambarkan orang yang memisahkan antara pikiran dan perasaan Islamnya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi waSallam memberi contoh indah. Ketika beliau dinasehati dalam strategi perang untuk menguasai oase oleh Khabab bin Art dalam perang Badar dan membuat parit atas nasihat Salman al Farisi dalam Perang Khandak, beliau bukan sekedar mau mendengar tetapi melainkan juga mengadopsi saran bagus tersebut. Anda mungkin pernah menemui orang yang selalu mengatakan bahwa menurut al-Qur’an dan As-Sunnah umat Islam harus menyebarkan Islam serta bersatu dalam memperjuangkan Islam. Tapi, dalam setiap aktivitasnya merasa tidak senang disaat ada orang lain berdakwah. “Bukan aliran kita” dalihnya.

Orang-orangpun di provokasi untuk tidak mendengarkan dakwah yang dipandang ‘beda aliran’ tadi. Jadi, apakah lebih baik kajian Islam kosong daripada diisi oleh orang yang menurutnya berbeda aliran sekalipun sama-sama bersumber dari al-qur’an dan as-Sunnah? Bila orang itu adalah anda, maka anda memisahkan antara pemikiran Islam tentang kewajiban menyampaikan Islam atas setiap ,muslim baik individual maupun bersama-sama dengan perasaan senang yang semestinya ada dalam jiwa anda, ketika menyaksikan semakin banyak kaum muslim yang menyampaikan Islam. Sadarilah, segera bertaubat sebelum terlambat. Istighfar-lah sekarang juga! Astaghfirullah al-‘Azhim. Dalam perkara cabang pun sama. Sebut saja dalam perbuatan yang memang khilafiyyah, seperti ada yang berpendapat qunut shubuh itu sunnah sementara menurut pihak lain tidak, cadar dikatakan wajib sementara pendapat lain menyatakan mubah (boleh) karena termasuk aktivitas jibiliyah, atau meninggikan kain di atas mata kaki bagi laki-laki dikatakan sunnah, sementara ada yang berpendapat bahwa hal tersebut berlaku untuk sarung (izar) saat shalat, sedangkan celana tidak termasuk izar yang karenanya tidak harus selalu di atas mata kaki. Begitu pula dalam masalah khilafiyyah lain yang sama-sama memiliki sandaran dari al-Qur’an dan as-Sunnah serta cara ijtihad yang benar.

Pada sisi lain, persoalan khilafiyyah ini adalah persoalan ijtihadiy, prinsipnya pendapat SettiaBlog benar tapi boleh jadi mengandung kesalahan, sedangkan pendapat lain keliru tapi boleh jadi mengandung kebenaran. Orang yang menyatukan fikiran dan persoalan dalam persoalan ini akan merasa tenang, tentram dan rela terhadap siapapun yang mengamalkan perbuatan yang berbeda dengan pendapatnya. Dia tidak benci, misalnya, kepada orang yang bercadar, sekalipun ia tidak bercadar, begitu pula sebaliknya. Barulah pada saat jilbab tidak dikenakan, aurat diobral perasaannya tidak rela. “Suatu waktu, Insya Allah, semua perempuan muslimah berjilbab, dan auratnya pun tertutup.” Begitu pula dalam persoalan khilafiah lainnya. Seorang muslim tidak merasa resah, gerah apalagi benci terhadap orang yang berbeda dalam persoalan khilafiyah. Anda juga sama, saat anda bersikap demikian berarti anda telah menyatukan pikiran dan perasaan Islam dalam persoalan khilafiyah.

Beberapa waktu lalu heboh permasalahan Polygami award. Penentangan pun bermunculan dari berbagai kalangan. Padahal, dengan menyatukan konsep pikiran dan perasaan hal ini adalah persoalan sederhana. Secara hukum poligami ini boleh hukumnya, maksimal empat. Bila hukumnya boleh, maka tidak wajib tidak pula haram. Artinya, bagi yang mau silahkan, dan bagi yang tidak maupun silahkan. Dengan kata lain, seorang yang hendak poligami dengan perempuan-perempuan yang juga mau, ya silahkan. Sebaliknya bagi mereka yang tidak maupun ya, silahkan, atau tidak melakukannya. Orang yang berpoligami tidak menjelekkan orang yang tidak berpoligami, orang yang monogami pun tidak menjelekkan orang yang berpoligami. Sebabnya hanya satu, Allah Subhanahu wa Ta’ala membolehkan sehingga ia menerima kebolehan tersebut. Bila secara pikiran menerima bahwa poligami itu dibolehkan, tetapi dari segi perasaan menentangnya, berarti ia tidak menyatukan antara pikiran dan perasaannya.

Demikian pula dalam perkara boleh lainnya. Penyatuan pikiran dan perasaan pun berlaku dalam perkara haram. Bagaimana Nabi Shallallahu ‘Alaihi waSallam amat marah ketika hukum Islam dilanggar. Beliau tidak emosional, tetapi sangat marah bila hukum Allah Subhanahu wa Ta’ala dilanggar apalagi diinjak-injak. Salah satunya adalah apa yang diriwayatkan dari ‘Aisyah bahwasanya orang-orang Quraisy ingin mempertimbangkan keadaan seorang perempuan yang harus dipotong anggota badannya (tangannya) karena ia mencuri, kemudian mereka berkata: “Siapa yang harus menyampaikan ini kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi waSallam?” Mereka berkata: “ tiada lagi yang pantas menyampaikan masalah ini kepada beliau selain Usamah bin Zaid yang di kasihi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi waSallam”. Usamah pun menyampaikan masalah ini kepadanya, kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi waSallam bersabda: “Apakah kamu akan melindungi orang yang terkena salah satu dari hukum Allah ta’ala?” Beliau lantas berdiri dan berpidato dengan menyatakan; “Sesungguhnya yang membinasakan orang-orang sebelum kamu sekalian adalah bila ada salah seorang yang terpandang diantara mereka mencuri maka mereka membiarkannya, tetapi bila yang mencuri itu orang yang lemah maka mereka melaksanakan hukuman. Demi Allah, seandainya Fatimah putri Muhammad itu mencuri niscaya aku potong tangannya”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Begitulah menyatukan pikiran dan perasaan atas dasar Islam. Dengan menyatukan pikiran dan perasaan atas dasar Islam tersebut berarti kita telah menanamkan Islam dalam diri kita, kita mengalirkan Islam dalam darah dan daging kita.

Langkah Menyatukan Pikiran dan Perasaan

Untuk dapat menyatukan antara pikiran atas dasar Islam dengan sikap ridlo-benci dan senang-sedih perlu dilakukan beberapa hal berikut:

a. Pelajari Tsaqofah Islam secara mendalam hingga dipahami hakikatnya dengan pemahaman yang benar.

b. Yakini apa yang dipelajari tentang Islam sebagai wahyu; lalu jadikan pegangan hidup dan tolok ukur benar-salah, baik-buruk, terpuji-tercela.

c. Laksanakan apa yang dipahami dan diyakini tersebut. Cek setiap perbuatan dan sikap, sudah menyatu antara pikiran dan perasaan Islam, ataukah belum. Bila sudah, segeralah bersyukur agar diberikan kemudahan untuk taat berikutnya. Namun bila belum, istighfar lah saat itu juga, perbaikilah dan selalulah memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk diberikan kemampuan menyatukan pikiran dan perasaan atas dasar Islam.

d. Dakwahkanlah apa yang telah dipahami dan diyakini tersebut. Semakin seseorang terikat pada dakwah, ia aka semakin dapat menyatukan pikiran dan perasaan secara harmonis.

1 comment:

  1. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    ReplyDelete