Jan 27, 2020

Tip's Mengenal Batin, Hati dan Pikiran


Saat anda dengarkan lagu di atas, anda akan tahu kekuatan vokal Ariana Grande. Grande mempunyai jangkauan vokal soprano empat oktaf dan whistle register. Itu keistimewaan Ariana Grande. Anda pun sama, pasti memiliki keistimewaan. Karena pada dasarnya setiap manusia di lahirkan dengan keistimewaan masing-masing. Namun tidak semua orang bisa mengetahui keistimewaannya itu. Untuk mengetahui keistimewaan kita di butuhkan pengenalan hati, batin dan pikiran. Untuk itu SettiaBlog ada sedikit tip's pengenalan hati, batin dan pikiran. Sebelum masuk ke bahasan SetiiaBlog berharap pada Ariana Grande agar dapat lagu yang bisa mengeksplor vokal dia.


Cara Mengenal Batin Anda

Batin atau disebut juga rohani. Apakah sebenarnya yang disebut dengan batin itu, disini SettiaBlog tidak sedang bicara jiwa, karena jiwa lebih rahasia, hanya Tuhan yang memegang kendali jiwa seorang anak manusia. Manusia hanya diberikan pemahaman sedikit dari rahasia jiwa karena dia lebih menyangkut nyawa. Kita tidak bisa mengaksesnya bukan? Sedangkan batin itu bisa dirasai dalam bentuk perasaan dan pikiran. Jadi bagaimana kita mempunyai perasaan dan bagaimana kita berpikir itulah diri kita yang bersifat batin. Tapi apakah sesederhana itu? Ini belum mempunyai konsep yang utuh terhadap perasaan dan pikiran, ini bisa jadi sebuah kelalaian pribadi. Semua orang boleh merasa dan berpikir, tapi belum tentu tercapai perasaan dan pikiran sebagai potensi diri, ini lebih penting. Jadi bagaimakah kita mengangkat potensi batin kita? Bagaimana pula kita tau nantinya itu adalah batin kita yang permanen? Dimana letaknya titik akses sebenarnya didalam badan kita ini? Inilah sebuah konsep yang mempunyai rumus spektakuler. Terkadang kita lalai dengan potensi orisinil ini. Sehingga kita tidak bisa mengaksesnya secara terus menerus.

Sebuah rumus identik dengan sebuah kepastian. Jika anda sudah tahu tentang rumus tertentu, anda tinggal mengingatnya, sehingga anda bisa menggunakan rumus itu kapan saja. Jika anda telah biasa menggunakan rumus itu, maka anda tidak pernah sulit lagi untuk mengingat. Ini terjadi pada anda dan kita semua. Ibaratnya sebuah roti enak yang kita suka kapan saja. Kenapa kita suka? Karena kita menikmatinya bukan? Coba anda bayangkan kita telah biasa menikmati susu dan roti keju. Kapan saja anda ingin, anda pasti mencari dan menikmatinya. Ok! Yang mau kita pelajari ini bisa lebih nikmat dari sekedar susu dan roti keju. Anda tidak perlu membeli atau membuat sendiri makanan ini. Sebab makanan ini sudah tersedia didalam tubuh anda dan tubuh kita semua, yang penting anda dan SettiaBlog masih hidup dan bernapas.

Inilah sebuah rumus pasti atau konsep pasti yang mampu melontarkan potensi anda di kehidupan ini. Ilmu ini kita dapat dari konsep opsional pelajaran tentang ilmu Ketuhanan. Tidak ada kebohongan didalamnya, dan tidak ada yang sulit untuk mengaksesnya. Jika kita telah terbiasa seperti makan makanan enak itu, semudah itu pula kita masuk dan merasakan nikmatnya kapan saja kita mau. SettiaBlog yakin banyak pakar di dunia membicarakan konsep spiritual, konsep emosial dan konsep intelektual. Bahkan banyak pula para pakar yang tidak membedakan konsep itu satu per satu. Seperti konsep yang mengabungkan spiritual, emosianal dan intelektual menjadi satu. Mereka menggabungkan semua konsep secara bersamaan. Tapi mereka yang menggabungkan konsep ini belum pernah menunjukan rumus yang paten. Semua pembicaraan ini masih ngambang. Mereka belum bisa menunjukan titik aksesnya. Pembaca hanya disuguhi pemaparan yang ngambang sehingga kita semua disuruh mikir sendiri. Dilema bukan? Baiklah, sekarang kita masuk membicarakan tentang akses mengenali batin kita semua. Dalam ilmu Ketuhanan disebutkan bahwa batin adalah pribadi yang tersembunyi. Aktualisasi batin adalah sifat seorang manusia. Aktualisasi sifat adalah perbuatan manusia. Mungkin ini banyak pakar yang tahu? Karena batin adalah suatu yang tersembunyi, maka batin tidak gampang untuk dipelajari.

Agar bisa dikuasai, batin harus dimengerti dengan akses secara pribadi. Akses secara pribadi hanya bisa dimengerti bukan melalui perenungan atau meditasi. Dan lebih parah lagi untuk mengerti batin, anda minta pendapat orang. Ini salah besar. Untuk itu, akses secara pribadi diperlukan untuk mengetahui batin yang sebenar-benarnya batin. Sehingga ditemukan batin yang asli dan bisa dikuasai cecara permanen. Jadi bagaimana kita sebenarnya bisa mengerti batin kita yang asli dan bisa dikuasai secara permanen. Ini sangat mudah. Tidak perlu kita pikirkan. Inilah bedanya perasaan yang alamiah bawaan kita sejak lahir. Perasaan alamiah sudah terbentuk tapi belum dikuasai dan dioptimalkan.

Selanjutnya, dengan merasai wujud eksistensi kita sendiri maka dikuasailah batin kita yang asli yang memang berasal dari Sang Pencipta. Sedangkan alat untuk kita merasai adalah kemampuan kita untuk merasakan segala sesuatu. Alat ini juga bentuk asli ciptaan Tuhan. Tapi bukan rasa sejak lahir yang masih alamiah dan belum dieksploitasi. Inilah bentuk wujud rasa terima kasih kita kepada Sang Pencipta. Kita memberdayakan hasil ciptaanya, itu bagian dari rasa terima kasih kita. Kita tidak membiarkan potensi yang diberikan Tuhan begitu saja. Kita akan mengolah dan memanfaatkannya untuk kepentingan yang lebih besar. Karena kita ini sebagai pengelola bumi yang memberi banyak manfaat untuk dunia.

Cara Mengenal Hati Anda

Belum lengkap kiranya jika kita belum bisa mengakses perasaan hati. Perasaan hati yang mana yang kita akses? Tentu saja perasaan hati yang asli , bukan palsu. Apakah ada kepalsuan hati? Ada. Tapi ini jika anda tidak mengetahui potensi pertama dan potensi kedua. Yaitu merasakan badan anda sendiri dan melihat wajah batin anda. Karena badan anda adalah benda yang paling jujur. Dia sedia dan tidak pernah ingkar atas perintah batin anda. Anda ajak makan badan melakukannya. Anda ajak berjalan badan melakukannya. Anda ajak tidur badan juga selalu turut serta. Inilah kejujuran. Begitu juga dengan wajah, kemanapun anda menghadap itulah wajah anda. Baik menghadap pejabat bahkan menghadap Tuhan Sang Pencipta itulah wajah anda.

Jadi hatilah yang bisa bohong jika tidak biasa diakses dengan benda yang jujur seperti badan dan wajah anda itu. Jadi kepalsuan perasaan hati bisa saja terjadi jika tidak biasa dan tidak pernah mengakses kedua bagian yang paling jujur pada tubuh anda itu. Benarkah hal yang SettiaBlog paparkan ini? Jika benar, lanjutkan membaca.

Selanjutnya, dimanakah perasaan hati yang asli itu bisa didapat? Sebenarnya dengan mudah anda bisa merasakan perasaan hati yang asli. Letak titiknya yaitu pada bagian dada anda. Bagaimana anda bisa merasakan itu didalam dada anda? Dalam ajaran agama biasa disebut “iman didada”, karena didalam dada itulah letaknya hati dan jantung. Disitu juga letak perasaan yang asli. Segumpal hati dan jantung adalah benda yang paling jujur yang bekerja siang dan malam untuk proses hidup anda. Tanpa diperintah jantung anda tetap bergerak, tanpa diperintah anda sering merasakan sesuatu. Inilah sebuah tehnik dasar yang sederhana untuk mencapai potensi pribadi anda. Ketika anda sedang sedih dan bingung misalnya, anda akses saja bagian dada anda, rasakan keberadaanya. Dada yang mana harus dirasakan? Yang harus dirasakan adalah dada bagian atas perut sampai pada pangkal leher. Dari atas perut sampai pada semua tulang rusuk. Tempat tersimpannya hati dan jantung anda.

Cara Mengenal Pikiran Anda

Selama ini anda pastinya sudah sering berpikir. Tanpa terasa ribuan bahkan mungkin jutaan kali anda telah memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan anda. Tanpa disadari pula anda pernah bahkan sering memikirkan sesuatu yang tidak masuk akal Anda. Hal ini kita anggap suatu yang sangat wajar dan manusiawi. Sekarang muncul pertanyaan. Apakah pikiran harus kita kendalikan? Pikiran bukan hanya kita kendalikan saja, namun yang sangat penting adalah menentukan objek yang harus kita pikirkan. Sehingga otak yang kita pakai buat berpikir tidak bekerja sia-sia. Mungkin Anda faham dengan maksud yang ingin saya sampaikan. Bahwa otak apabila terlalu keras berpikir bisa menimbulkan kelelahan sehingga efeknya sampai membuat badan kita lemas. Agar kerja otak tidak sia-sia , kita bukan hanya mengendalikan pikiran, tapi juga menentukan objek yang kita ingin pikirkan. Dengan demikian walaupun kita berpikir keras tentang objek yang di tentukan, namun kerja otak kita mendatangkan hasil yang maksimal.

Pada kebanyakan manusia yang tidak mengetahui tehnik ini, otak yang selalu berpikir hanya dipandang sebagai yang sudah semestinya. Padahal jika kita menggali lebih dalam manfaat kerja otak ini, setidaknya kita bisa menjalankan pikiran yang prima dan cemerlang. Sebagai suatu ilustrasi pamanfaatan otak dengan objek atau tujuan tertentu yang telah diarahkan, adalah kerja otak seorang peneliti atau para penemu suatu yang baru. Bukti pada mereka sudah membuktikan bahwa otak mereka benar-benar bekerja keras untuk tujuan atau objek tertentu. Sebaliknya kerja otak manusia secara normal hanya dimanfaatkan pada hal-hal yang biasa dan bersifat rutinitas saja. Berpikir luar biasa hanya dilakukan orang-orang tertentu saja.

Apakah sama orang yang berpikir terlebih dahulu sebelum men gucapkan perkataan dengan orang yang tidak berpikir? Apa jawaban anda. Tentu anda menjawab tidak sama. Sebab perkataan orang yang berpikir lebih mempunyai makna serta terarah daripada yang tidak berpikir. Lalu apakah dengan berpikir sebelum berkata -kata hanya ingin mencari makna secara terarah saja. Atau mencari kata-kata sensasi, atau mencari kata-kata yang singkat padat namun berisi. SettiaBlog pandang anda mencari lebih dari itu. Pada dasarnya perkataan adalah alat kita berkomunikasi melalui bahasa. Sehingga yang kita cari adalah ilmu atau pengetahuan baru mengenai cara-cara berkomunikasi dengan baik. Jadi, ketika anda berpikir untuk mengeluarkan kata-kata sebagai bentuk pernyataan anda, secara otomatis anda telah menganalisa ilmu komunikasi anda. Itulah maksud SettiaBlog bukti kecil bahwa berpikir dengan menentukan objek lebih prima dengan hasil yang maksimal. Hal ini berlaku juga dengan pikiran-pikiran pada hal-hal yang besar.

Rumusnya !

Baiklah kita masuk membicarakan rumus yang sebenarnya tidak sulit dan tidak jauh dari kita. Kita ingat bahwa alat untuk mengerti dan menguasai batin kita adalah rasa. Hanya dengan rasa yang orisinil pula kita bisa mengusai dan terus menikmati potensi dan kelebihan kita. Yakni rasa yang diusahakan secara sengaja. Apa yang semestinya kita rasa kan secara sengaja? Ini ada hubungannya dengan badan atau tubuh kita pada penjelasan sebelumnya. Badan kita adalah sebuah benda yang bisa dirasai, bagaimana kita merasakannya secara sengaja? Kita harus bersengaja merasakannya. Kenapa harus bersengaja? Sebab kita harus menguasainya. Seperti kita melatih segala sesuatu agar kita mahir tentu saja kita harus membiasakannya secara sengaja bukan ? Bagaimana kita merasakanya? Ini sebuah langkah mudah, semudah kita membalikan telapak tangan, walau mudah tapi ini juga sangat rahasia.

Badan anda tidak berbeda dengan manusia pada umumnya. Tapi orang lainnya tidak bisa merasakan keberadaan tubuh anda. Orang lainnya hanya bisa melihat ataupun meraba anda. Tapi mereka itu tidak bisa memahami batin anda bukan? Jadi langkah mudahnya tapi spektakuler adalah anda harus membiasakan diri untuk merasakan tubuh anda sendiri. Anda tidak perlu meditasi untuk langkah ini. Anda tidak perlu modal untuk langkah ini. Anda juga tidak perlu sarana lainnya untuk merasakan keberadaan tubuh anda sendiri. Caranya, bersengajalah melatih untuk merasakan tubuh anda sendiri maksimal 10 detik. Tidak perlu waktu khusus untuk ini. Semua bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Sambil duduk, sambil jalan-jalan, waktu anda makan misalnya. Pokoknya anda tidak perlu waktu khusus untuk melatihnya. Merasakan dalam tehnik ini bukan dengan jalan meraba tubuh dengan tangan anda, tapi merasakan dengan rasa yang disengaja untuk merasakan. Nikmatilah diri anda sendiri, nikmatilah tubuh anda sendiri dengan perasaan yang pasti. Karena tubuh anda itu bersipat pasti. Tubuh adalah wadah batin atau rohani anda. Tubuh adalah tempat menyimpan kekuatan batin anda, tidak ada folder lain yang bisa menyimpan batin anda. Tidak ada tempat yang mampu menyimpannya.

Jika anda sudah terbiasa dengan ini, maka semakin lama terasa semakin anda menikmatinya. Sebab itulah makanan terlezat anda yang anda punyai sampai anda menghembuskan napas meninggalkan dunia ini. Itulah makanan batin anda yang selalu tersedia setiap saat. Dia selalu menempel dengan anda, kamanapun anda pergi selalu dibawa makanan nikmat ini. Begitulah kita bisa merasakan. Alat untuk merasa badan adalah rasa yang sudah kita punyai sendiri.

Selama ini bukankah kita tidak pernah tahu dengan ini. Tubuh kita selalu kita mandikan tiap hari agar bersih, tapi kita belum pernah merasakan keberadaan tubuh kita dari dalam diri kita sendiri. Inilah yang disebut dengan kelalaian pribadi. Anda mungkin tidak pernah lalai merawat tubuh anda, tapi anda lalai dengan eksistensi atau keberadaan tubuh anda itu. Selama ini anda selalu membiarkannya begitu saja. Anda anggap badan anda sudah dirawat secara sepantasnya agar selalu sehat. Tapi kesehatan dari dalam belum pernah anda rasakan. Anda pasti tahu, Tuhan menciptakan semua ini tentu saja ada maksudnya. Anda juga tahu bahwa Tuhan menciptakan kelebihan yang luar biasa pada tubuh anda. Tapi anda belum pernah tau bentuk kelebihan itu dari dalam perasaan anda secara sengaja. Sekarang anda sudah mengerti. Bahwa jika ingin badan anda kuat maka anda harus sering melatihnya dengan olah raga yang sesuai agar terasa lebih sehat.

Begitu juga dengan batin anda. Ketika anda terbiasa melatih untuk merasakan keberadaan tubuh anda dengan perasaan dari dalam, maka dikuasailah batin anda. Sehingga anda mudah untuk mengendalikan kekuatannya. Sekarang anda sudah tau, bahwa kekuatan batin terletak pada bagaimana anda bisa menguasai rasa yang ada pada tubuh anda. Rasa adalah bagian dari batin anda. Untuk mengendalikannya anda harus menguasai tempat penyimpanannya, yakni tubuh anda. Ini sebuah hukum alam sebagai hukum sebab akibat.

1 comment:

  1. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    ReplyDelete