Jul 5, 2024

Kehidupan Romantisme Masa Kini Akibat Perkembangan Masa Aufklarung

 


Video klip di atas milik Ilona Guitar yang mengcover "tear in heaven" milik Eric Clipton. Tear in heaven ini salah satu soundtrack film Rush. Lagunya c tentang kesadaran manusia yang merasa dirinya udah ndak polos dan murni lagi. Hingga muncul perasaan "Aku ndak pantes berada di surga", ya kayak SettiaBlog ini yang banyak dosa. Dan dalam lagu tersebut, orang tersebut berjanji akan terus berusaha memperbaiki diri sampai pantes berada di surga. Tapi SettiaBlog sebenarnya ndak membahas lagu tersebut, SettiaBlog tertarik dengan caption yang ada di video klip tersebut. Is there anything more romantic than playing guitar in the park ...?. Gimana menurut Anda? Adakah hal yang lebih romantis dari bermain gitar di taman? Tentu Anda semua memiliki pengalaman romantis masing - masing kan ya? Kayak misalnya seseorang yang udah lama ndak berkumpul dengan anaknya terus di pertemukan dan berkumpul lagi. Gimana rasanya?

Apa c sebenarnya Romantisme itu?  Aliran pemikiran Romantisme merupakan sebuah aliran yang mengedepankan unsur emosi dari suatu karya dengan penggambaran dan pembangunan citra yang dramatis, teatrikal dan memiliki suasana seperti dalam mimpi (imajinasi).  Emosi, imajinasi, dan ide menjadi titik berat untuk kembali pada keniscayaan sejarah dan alam. Aliran Romantisme berasal dari kata dasar "Roman", yang berarti hal yang ke roman-romanan. Roman sendiri merupakan sastra klasik yang bercerita tentang kehebatan manusia, pencapaian manusia, penaklukan bangsa asing atau penjajah yang disajikan atau diatur secara dramatis. 

Jika dalam bidang sastra Indonesia, aliran ini disebut sebagai aliran romantik, yang mana ditujukan untuk membedakannya dari istilah romantis. Banyak orang yang menyalah artikan atau menganggap bahwa aliran ini sebagai bagian dari romantis.  Pemahaman ini jelas salah karena keduanya memiliki makna yang berbeda. Jika dilihat memang mirip, tapi sebenarnya keduanya sama sekali ndak memiliki kesepadanan kata sedikitpun. Maka dari itu, istilah atau sebutan yang tepat untuk menyebut aliran ini adalah romantisme maupun romantik, dan bukan romantis. 

Pemikiran Romantisme ndak langsung ada pada masa itu dan tentunya ada dasar yang melandasi. Bermula dari suatu masa setelah renaissance yaitu aufklarung. Dimana aufklarung dapat diartikan sebagai masa pendewasaan dari masa peremajaan (renaisans).  Aufklarung merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Jerman yang berarti "pencerahan" yang terjadi di Eropa. Masa ini berlangsung sekitar pada tahun 1685-1815.  Pada masa aufklrung, manusia optimis dengan kemampuannya untuk menciptakan dan mengembangkan suatu hal yang dapat memberikan kemajuan dan kebahagiaan di dunia, serta dalam hal ekonomi.  

Pada tahun 1750 romantisme mulai timbul sebagai reaksi dari rasionalisme dan pengaruh dari revolusi perancis. Romantisme ini menjunjung perasaan dan menghargai insting manusia.  Dimana insting ini merajalela di antara rakyat jelata untuk meneruskan perjuangan melawan kaum rasionalisme. Romantisme memiliki pemahaman mengenai kebebasan, ndak seperti yang terjadi menjelang revolusi Perancis (Feodalisme) ; 
ↁ Ketidakadilan dalam lapangan politik 
ↁ Ketidakadilan dalam lapangan ekonomi 
ↁ Ketidakadilan dalam lapangan sosial 
ↁ Bangsawan menagih pajak, dan lain - lain.

Dengan adanya pemikiran romantisme ini, masyarakat dalam memiliki kebebasan dengan memikirkan hak asasi manusia. Hak ini berupa kesetaraan untuk setiap manusia, manusia dilahirkan untuk bebas, dan ndak terikat dalam apapun. Perbedaan dalam masyarakat ini bisa terjadi hanya jika didasarkan atas kepentingan umum. Pada dasarnya manusia dilahirkan dengan memiliki hak yang sama atau setara, dan ndak ada yang memiliki hak yang melebihi atau di atas maupun di bawah orang lain. 

Romantisme timbul dari perkembangan masa aufklarung (Revolusi Perancis), dimana membawa banyak perubahan baik sebuah perkembangan yang baik maupun ndak. Oleh karena itu, terdapat pengaruh pada masa kini dari Romantisme yang mulai ada sejak masa aufklarung ini, seperti ; 
✑ Masyarakat dapat mengekspresikan perasaan maupun imajinasinya (ide) dengan bebas melalui karya-karya sastra (puisi, lagu, novel, acara TV, dan lain - lain) 
✑ Masyarakat saling memperhatikan atau memperdulikan satu sama lain melalui perasaan (emosi) . 
✑ HAM yang lebih baik dari sebelumnya (masa kegelapan, dan lain lain) karena mementingkan perasaan (emosi) seseorang tersebut. 
✑ Ketidakadilan dalam segi politik, ekonomi, sosial budaya yang berkurang dan berkembang menjadi lebih baik karena melibatkan semua orang atau masyarakat. 
✑ Masyarakat melakukan segala sesuatu dengan mengedepankan emosi diri sendiri maupun orang lain. 



Maaf ya, SettiaBlog buat bahasan ini agar kita semua selalu bersyukur, tapi ndak usah dimasukkan ke hati. Untuk video klip yang ini SettiaBlog kasih "tomorrow" milik Annie yang di cover Sydnie salah satu kontestan di BGT. Tomorrow ini merupakan salah satu lagu tersulit. Dan Sydnie mampu membawakannya dengan santai. Bicara soal masa aufklarung (masa pencerahan) , SettiaBlog benar - benar sangat bersyukur karena terlahir dari keluarga muslim dan hidup di lingkungan yang mayoritas beragama Islam. Nabi Muhammad SAW merupakan nabi penutup. Nabi Muhammad SAW membawa pencerahan ke seluruh dunia Arab yang pada saat itu berada di titik nadir dalam penegakan hak asasi manusia. Risalah pencerahan Nabi Muhammad SAW pada zamannya telah melakukan lompatan kuantum terhadap praktik yang sarat dengan tribalisme Arab.
“Nabi Muhammad SAW diutus ke dunia ini dengan risalah besar ialah membebaskan manusia dari kegelapan menuju terang benderang (min al-dlulumat ila al-nur). Ini adalah risalah pencerahan yang dilakukan sepanjang hidup setelah diutus sampai wafatnya. ”

 Dan ada beberapa poin pesan pencerahan yang dilakukan Rasulullah SAW, di antaranya:
Pertama, Rasulullah SAW mengeluarkan kita dari syirik beralih ke tauhid. Nabi Muhammad SAW gigih mengeluarkan segala macam bentuk kemusyrikan seperti yang menyelimuti masyarakat jahiliyah menuju pencerahan tauhid. Nilai tauhid inilah yang membentuk prisma pandangan hidup dan menjadi asas bagi setiap gagasan Rasulullah SAW.

Kedua, Rasulullah SAW mengeluarkan kita dari kedzaliman menuju keadilan. Nabi Muhammad SAW diutus dalam tradisi jahiliyah yang senantiasa mempraktekkan kedzaliman. Rasulullah SAW mendidik dan berdakwah mengajak bangsa Arab agar terikat dengan hukum-hukum Islam yang memegang teguh prinsip keadilan.

Ketiga, Rasulullah SAW mengeluarkan kita dari permusuhan kepada persaudaraan. Era jahiliyah diwarnai munculnya permusuhan antarmanusia karena kepentingan hedonistis. Dalam keadaan puncak kerusakan manusia inilah, Allah SWT lantas mengutus Rasulullah SAW untuk menyampaikan pesan perdamaian dan persaudaraan.

Keempat, Rasulullah SAW mengeluarkan kita dari budaya kekerasan menjadi budaya kerahmatan. Kaum musyrik Makkah terbiasa melakukan tindakan-tindakan brutal dan membabi buta kepada kelompok yang berbeda. Begitu getolnya mereka melancarkan kekerasan secara fisik maupun non-fisik, Rasulullah SAW diutus Allah SAW untuk mengajarkan rahmat dan menghargai keragaman.

No comments:

Post a Comment