Feb 19, 2024

Belajar Manajemen Waktu Agar Lebih Efektif

 


             
Video klip di atas ada "Clocks"  milik  Coldplay. Dalam lirik lagu tersebut menyiratkan harapan bahwa meskipun hidup kita mungkin tampak sulit dan membingungkan, kita masih bisa menemukan jalan keluar dari situasi tersebut.
“Hidup itu sederhana, kita yang membuatnya sulit.”
 Hidup itu sederhana kok,  jika menjalaninya dengan kegembiraan dan kebahagiaan. Jalani saja porsi hidup Anda dan tidak ikut campur dalam kehidupan orang lain. Sederhana bukan? Tapi terkadang Anda terlalu masuk dalam urusan orang lain yang bukan bagian dari hidup Anda, sehingga hidup terasa begitu berat dan rumit.
"Yesterday’s the past, tomorrow’s the future, but today is a gift. That’s why it’s called the present.”
(Kemarin adalah masa lalu, esok adalah masa depan, namun hari ini adalah hadiah. Itu mengapa disebut “present”)
. "Time = life; therefore, waste your time and waste of your life, or master your time and master your life".
(Waktu = hidup; Oleh karena itu, membuang waktu dan membuang hidup Anda, atau menguasai waktu Anda dan menguasai hidup Anda)

Dalam bekerja sekarang ini para pekerja profesional rasanya harus mulai mengetahui beberapa tip's cara terbaik untuk bisa manajemen waktu agar lebih efektif, Hal ini tentu saja akan berguna karena ketika Anda  sudah bisa memanajemen waktu, maka Anda bisa mengembangkan karir dengan lebih cepat. Bagi Anda  yang belum mengetahui apa itu pengertian manajemen waktu berikut adalah pengertiannya,  manajemen waktu adalah suatu proses untuk melakukan kontrol atas waktu yang Anda miliki dengan batas tertentu Dalam melakukan tugas, singkatnya manajemen waktu ini adalah kemampuan untuk merencanakan dan juga menggunakan waktu secara maksimal. Salah satu contoh manajemen waktu yang perlu Anda  terapkan ketika bekerja adalah berhenti menunda dan juga segera menyelesaikan pekerjaan di awal waktu agar bisa Anda selesaikan secara tepat waktu, ada beberapa tip's yang bisa Anda jalankan untuk bisa terus mengembangkan manajemen waktu yang Anda miliki.

• Mulailah Questioning And Challenging

Tip's cara manajemen waktu yang pertama adalah Anda bisa memulai questioning and challenging  pada diri sendiri, hal ini bisa membuat Anda bisa menaikkan standar kerja dan ketika Anda diberikan sebuah pekerjaan maka Anda harus menanyakan dengan jelas segala detail dari pekerjaan tersebut. Hal ini tentu saja akan dapat memaksimalkan manajemen waktu Anda karena ketika Anda  mempertanyakan banyak hal di tengah-tengah pekerjaan maka hal ini akan mengurangi waktu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang sudah diberikan, saat Anda memiliki keberatan tentang pekerjaan yang Anda dapatkan Anda juga harus mengungkapkannya di awal. Maka dengan mengetahui segala sesuatu tentang pekerjaan yang Anda jalani tentu saja hal ini akan memaksimalkan manajemen waktu Anda menjadi lebih efektif.  

• Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

Tip's berikutnya adalah Anda bisa meningkatkan kemampuan komunikasi, dalam setiap pekerjaan Anda akan diharuskan untuk berinteraksi dengan banyak orang Hal ini tentu saja akan membuat pekerjaan dan juga produktivitas Anda meningkat ketika kemampuan komunikasi Anda baik, maka dari itu agar manajemen waktu Anda bisa lebih produktif skill komunikasi menjadi salah satu hal yang perlu ditingkatkan. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik tentu saja akan membantu dalam menjalani pekerjaan serta menjalin relasi bersama orang-orang di sekitar Anda, dan ketika Anda sudah memiliki relasi yang baik tentu saja akan nyaman dalam membicarakan setiap pekerjaan bersama rekan kerja serta mengurangi kesalahan pada pekerjaan dan membuat waktu Anda dalam bekerja akan lebih optimal.  

• Belajar Selalu Fokus

Tip's cara manajemen waktu berikutnya adalah belajar selalu fokus, menurut Tony Robbins salah satu tip's yang harus Anda lakukan untuk bisa membuat manajemen waktu Anda  lebih efektif adalah dengan cara tetap fokus. Terkadang dalam hidup Ada banyak hal yang harus Anda kerjakan, dan juga pekerjaan tersebut tidak mudah untuk dikerjakan serta Anda  tidak bisa mengabaikan tugas itu karena tugas itu ada yang merupakan tugas penting yang wajib Anda  kerjakan. Oleh karena itu Anda harus membuat fokus menjadi sebuah kemampuan yang harus dikuasai untuk bisa mengefektifkan manajemen waktu, maka mulailah belajar untuk fokus dan juga mengerjakan sebuah tugas dengan lebih efektif. Anda bisa membuang pikiran-pikiran lain untuk sementara waktu karena hal tersebut akan menghambat pekerjaan ketika Anda mengerjakannya.  

• Buat Perencanaan

Supaya manajemen waktu Anda  berjalan dengan baik maka tip's berikutnya adalah Anda bisa membuat perencanaan manajemen waktu, perencanaan ini akan membuat Anda  dengan mudah menentukan tugas apa yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu. Dengan adanya perencanaan ini kamu tidak memerlukan banyak waktu lagi untuk berpikir tugas mana yang akan Anda kerjakan selanjutnya, disini Anda bisa membuat sebuah jadwal untuk menentukan pekerjaan mana yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu.  

• Berani Mengambil Keputusan

Selanjutnya adalah Anda harus berani mengambil keputusan agar manajemen waktu Anda lebih efektif, dalam pengambilan keputusan ini bukan hanya dibutuhkan dalam dunia kerja saja akan tetapi dalam semua aspek pada kehidupan. Untuk sebagian orang memutuskan sesuatu mungkin saja bukan hal yang mudah namun jika Anda bisa dengan berani mengambil keputusan ini maka Anda  tidak harus banyak membuang waktu dalam berpikir serta menimbang-nimbang berbagai hal. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan menjadi salah satu tip's cara manajemen waktu yang efektif yang harus Anda lakukan, dalam manajemen waktu pada dasarnya tidak akan berkembang jika Anda tidak bisa mengambil keputusan bahkan untuk diri Anda sendiri jadi mulailah belajar untuk mengambil keputusan dengan bijak dan berani serta berani mengambil resiko.

  • Cari Motivasi Diri

Agar manajemen waktu bisa berjalan dengan efektif mencari motivasi diri menjadi salah satu tip's cara yang bisa Anda lakukan, pada sebuah pekerjaan tentu saja Anda akan menghadapi berbagai rintangan yang tidak terduga dan juga rintangan tersebut bisa saja memicu faktor internal maupun eksternal. Dalam menghadapi berbagai masalah tersebut hal yang paling mudah yang dapat Anda  lakukan adalah dengan cara mencari motivasi agar permasalahan tersebut tidak mempengaruhi kinerja Anda  dalam bekerja. Saat Anda sudah mendapatkan motivasi dalam diri Anda  maka banyak manfaat yang akan Anda dapatkan salah satunya adalah Anda bisa meningkatkan kemampuan dalam manajemen waktu karena Anda tidak terpengaruh oleh hal tersebut dan fokus dalam pekerjaan yang sedang dijalankan.  

• Menyusun Skala Prioritas

Tip's manajemen waktu berikutnya adalah menyusun skala prioritas, menyusun skala prioritas berarti menentukan apa saja yang harus Anda  lakukan dan juga apa yang perlu Anda  hindari. Skala prioritas ini menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan manajemen waktu karena dapat memudahkan dalam membuat perencanaan dan juga mengasah kemampuan untuk fokus.  

• Manfaatkan Tools Time Management

Selanjutnya adalah memanfaatkan tools time management, di sini Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis teknologi ataupun tools yang bisa membantu Anda dalam menyelesaikan tugas sehari-hari salah satunya seperti Anda bisa mendownload software pilihan untuk membuat jadwal kerja Anda setiap harinya ataupun juga software untuk membuat skala prioritas. Jika Anda  bisa memanfaatkan berbagai tools time management ini dengan baik tentunya Anda akan dimudahkan dalam bekerja, dan juga Anda bisa bekerja secara tepat waktu karena ada juga banyak software yang bisa mengingatkan Anda saat Anda telat mengerjakan sesuatu.  

• Rapikan Tempat Kerja

Tip's berikutnya adalah Anda bisa merapikan tempat kerja, tempat kerja yang rapi ternyata bisa juga membantu untuk lebih mengefektifkan manajemen waktu Anda. Biasanya ketika tempat kerja kita rapi maka kita akan lebih nyaman dalam bekerja karena ruangan dan tempat kerja rapi dan juga bersih.  

Kuasai Manajemen Stres

Tip's cara manajemen waktu agar lebih efektif yang terakhir adalah Anda  bisa kuasai terkait manajemen stres, dalam bekerja tentunya tekanan pastinya akan selalu muncul namun tekanan bukanlah hal yang buruk karena hal ini bisa menjadi motivasi kamu dalam bertindak dan juga menyelesaikan sebuah pekerjaan. Hal yang menjadi buruk adalah ketika Anda tidak bisa mengendalikan stress Anda dan juga Hal ini tentu saja akan mengakibatkan terdampaknya manajemen waktu Anda mulai dari pekerjaan yang tertunda hingga Anda tidak bisa berpikir jernih dalam melakukan berbagai hal, oleh karena itu ketika Anda ingin manajemen waktu lebih efektif maka Anda harus menguasai terlebih dahulu mengenai manajemen stres ini.
 

No comments:

Post a Comment