Apr 29, 2017

Kurma Ajwa Kesukaan Nabi Muhammad SAW


Kurma adalah buah khas arab yang sudah sangat terkenal diseluruh dunia, buah dengan rasa manis dan legit ini tak hanya enak untuk dinikmati tetapi juga memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan tubuh. Jenis kurma ada bermacam-macam, seperti; Balach, sukkari, rabi’ kurma ajwa, dan rutab. Kurma yang selalu digunakan itu berbuka puasa ialah “rutab dan ajwa”. . Rutab . ialah kurma yang basah, rasanya enak dan lezat sekali.
Kurma itu menjadi makanan pokok sejak dulu, hingga sekarang bagi orang-orang Arab pada umumnya. . Rutab itu terasa lezat nan nikmat ketika digunakan berbuka puasa.

Selain rutab ada jenis kurma lain yakni Kurma . Ajwa . . Kurma . Ajwa berasal dari arah kota Madinah di dataran tinggi dekat Nejed di Saudi Arabia. Kurma ajuwa atau Ajwah memiliki bentuk yang lebih kecil dengan warna yang juga lebih hitam. Dipercaya, kurma jenis ini merupakan kurma favorit Nabi Muhammad SAW. sebab kurma ini bisa menjadi penangkal racun dan ilmu hitam (sihir), seperti; santet, pelet, gunan, gendam dll.kebun-pohon-kurma . ajwa .

Ajwah itu berasal dari nama seorang anak kecil “AJWAH”, Ajwah adalah nama seorang putri dari Salman Al-Farisi, seorang sahabat Nabi yang berasal dari Persia. Kecintaan Salman kepada Nabi SAW membuat loyalitas kepada Islam begitu tinggi. Puncaknya, Salman mewakafkan sebidang kebun kurmanya untuk biaya perjuangan Islam. Untuk mengenang jasa-jasanya itulah, ahirnya Nabi SAW memberi nama kurma tersebut dengan “AJWAH” alias kurma ajwa. Dan, Nabi SAW menjadikan kurma ajwa ini sebagai pembuka makan ketika sedang berpuasa.

Tahukah Anda, ternyata mengkonsumsi tujuh kurma ajwa setiap pagi dapat menangkal racun dan magis. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW;

’’Barang siapa yang makan pagi dengan tujuh butir kurma Ajwa, maka tak akan mencelakainya racun dan sihir dihari itu”. (Riwayat Shahih Al-Bukhari).

Teks aslinya :

Narrated Saud: I heard Allah’s Apostle saying, “If Somebody takes seven ‘ajwa dates in the morning, neither magic nor poison will hurt him that day.”  (Sahih Bukhari Book 71, Hadith 664)

Selain sebagai penawar sihir, menurut medis kurma Ajwa memiliki kandungan protein 1.8-4.0 %, serta serat 2.0-4.0, dan gula sebanyak 50-70 glukosa. Wajar, jika Nabi SAW menganjurkan dan mencontohkan mengkosumsi kurma Ajwah setiap berbuka puasa. Dan, cukup dengan kurma dan air zam-zam penduduk Makkah dan Madinah tergolong sehat wal afyat. Kurma termasuk jenis dari buah-buahan yang kaya akan protein, serat gula, vitamin A dan C, serta mineral, seperti: zat besi, kalsium, sodium dan potassium. jika dibandingkan dengan kurma lain, nilai keberkahan kurma “AJWAH” ini karena Nabi sendiri yang menanamnya. Sebab, semua yang yang terucap, serta yang diperbuat Nabi Saw merupakan wahyu illahi. Nabi SAW menganjurkan memakan kurma Ajwa 7 butir setiap pagi. Barangkali, kandungan tujuh butir Kurma Ajwah itu mampu menetralisir jenis-jenis racun yang masuk dalam tubuh. Dan, sihir yang dilancarkan seseorang dengan senggaja, juga tidak bisa mengenai orang yang memakan kurma setiap pagi. Menurut sebuah cerita, pohon kurma Ajwa ini masih di dapat di Madinah hingga sekarang. Jadi sudah lebih dari 14 abad sejak pertama kali di tanam oleh Rasulullah SAW.

Dengan kandungan gula tersebut, buah kurma mampu memberi tenaga tambahan untuk orang yang berbuka puasa sehingga ia bisa merasa segar dan bertenaga kembali untuk beribadah tanpa merasa letih atau mengantuk. Biasanya, bagi yang merasa letih dan mengantuk disaat melaksanakan shalat tarawih disebabkan karena makanan yang dikosumsi kebanyakan mengandung karbohidrat yang tidak menyediakan tenaga instant (tambahan). Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, buah kurma adalah jawabannya.

Kenapa? Sebab, sebagaimana penelitian yang dilakukan Badan Kesahatan Dunia (WHO), zat gula yang ada didalam kurma itu berbeda dengan gula pada buah-buahan lain seperti gula tebu atau gula pasir yang biasa mengandung sukrosa dimana zat itu langsung diserap kedalam tubuh. Hal ini membuat gula itu harus dipecahkan terlebih dahulu oleh enzim sebelum berubah menjadi glukosa. Sebaliknya, kurma tidak membutuhkan proses demikian.ajwa

Sementara potasium yang ada di dalam buah kurma berguna untuk mengatasi masalah stress, sembelit dan lemah otot. Tidak hanya itu, berkat zat besi dan kalsium yang ada pada kurma, orang bakal terhindar dari penyakit yang beresiko tinggi seperti penyakit jantung dan kencing manis.

Kurma Ajwa bermanfaat untuk ibu hamil tidak dapat diragukan lagi. Hal ini dipertegas oleh para ahli kedokteran bahwa unsur zat besi dan kalsium yang terdapat di dalam buah kurma adalah unsur yang sangat berguna untuk membentuk dan menambah kandungan air susu ibu. Lebih dari itu, anak-anak balita pun dapat mengambil manfaat dari buah yang biasa tumbuh didaerah Arab ini. Dengan khasiat kurma ini, pertumbuhan anak-anak dan sumsum tulangnya akan berkembang dengan baik.

Apa yang menjadi sunnah Rasul tentulah memiliki sebab musabab, begitu pula dengan kurma ajwa. Dengan cara mengkonsumsi kurma kita tidak hanya mendapatkan kesehatan tubuh tapi juga memperoleh pahala karena menjalankan sunnah Rasulullah SAW.

No comments:

Post a Comment