Aug 6, 2024

Cerdas Ala Rasulullah SAW

   


Untuk background kali ini SettiaBlog gunakan bunga Gladiol. Bunga Gladiol atau bunga Bakung Pedang ini merupakan bunga bulan Agustus. Bunga ini telah lama menjadi simbol kekuatan, kemenangan, kecerdasan dan kehormatan. Bordernya SettiaBlog gunakan kulit pohon pisang yang udah kering. Dan video klip di atas ada "August" milik Taylor Swift.

Sejak kecil, sepertinya hampir setiap orang mendambakan dirinya untuk menjadi pribadi yang cerdas kan ya. Selain bisa mencetak berbagai prestasi secara akademik, kecerdasan merupakan sesuatu yang mutlak untuk dimiliki selama kita hidup di dunia ini. ​Cerdas yang dimaksud bukanlah secara intelektual aja lho ya, melainkan juga dari segi moralitas dan spiritualitas. Untuk kita  yang beragama islam, ini adalah waktu yang pas untuk kita menekuni suri tauladan kita, yaitu Rasulullah SAW. Memangnya, apa c manfaatnya menjadi cerdas? 

◔ Menjalankan Ajaran Agama dengan Baik

Mengusahakan untuk menjadi cerdas ala Rasulullah SAW menjadikan Anda lebih mengutamakan pemahaman dan pengalaman ajaran agama secara baik dan benar. Selain hidupnya sudah sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan Islam, Anda akan menjadi manusia yang lebih dekat dan taat dengan Allah SWT, sang pencipta.

◔ Membuat Keputusan yang Bijak

Kedua, menjadi seseorang yang cerdas akan membuat Anda mampu membuat keputusan secara bijak dan tepat. Ini membantu mengurangi rasa ragu-ragu dan ketakutan Anda, andaikata membuat pilihan secara asal dan kurang tepat.

◔ Mengelola Emosi dengan Baik

Cerdas ala Rasulullah SAW dalam hal emosional membuat Anda lebih mampu mengatur emosi dengan lebih baik. Anda akan merasa lebih tenang dan sabar ketika dihadapi dengan segala permasalahan hidup yang menghalang nanti.  Ndak hanya itu, hubungan Anda dengan orang lain juga jadi lebih harmonis dan less  drama!

◔ Menjadi Pribadi yang Bermanfaat bagi Orang Lain

Cerdas dalam bersosialisasi akan membantu Anda menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Hal ini sangat didukung dalam Islam dan dibuktikan dengan adanya hadis yang berbunyi ‘Sebaik-baik Manusia Adalah yang Bermanfaat bagi Orang Lain’. Bagaimana caranya menjadi orang yang bermanfaat? Buatlah kontribusi positif dalam lingkup masyarakat sekitar Anda!

◔ Meningkatkan Kualitas Hidup

Orang yang cerdas hidupnya akan lebih berkualitas secara keseluruhan. Mengapa begitu? Anda yang cerdas pasti sudah mampu untuk mengelola waktu dengan bijak, menjaga kesehatan, hingga mengusahakan diri untuk meraih tujuan hidup setinggi-tingginya

Lalu bagaimana cara Menjadi Cerdas Ala Rasulullah SAW?

▦ Belajar dan Menuntut Ilmu

Dalam hadis riwayat Ibnu Majah, Rasulullah SAW pernah bersabda:
“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim.”
Untuk itu, Beliau sangat menekankan kepada umatnya tentang betapa pentingnya untuk menuntut ilmu. Salah satu yang cara yang bisa Anda lakukan adalah membaca  Al Qur'an dan hadis. Sebagai salah satu sumber utama ilmu dan petunjuk hidup bagi pemeluk agama Islam, Anda bisa memanfaatkan keduanya untuk mempelajari banyak hal dan mencari hikmahnya. Usahakan juga untuk selalu hadir dalam majelis ilmu sebagai salah satu perjuangan guna mencari ilmu yang berkah.

▦ Berpikir dan Merenung

Cara jadi cerdas ala Rasulullah SAW selanjutnya adalah memperbanyak aktivitas yang membutuhkan kita untuk berpikir dan merenung. Beliau mengajarkan kita untuk ndak menerima sesuatu secara mentah-mentah, melainkan harus melalui segala pertimbangan dan renungan. Sebagai bahan untuk direnungkan, Anda  bisa merenungkan ayat-ayat Allah SWT. Eits... , maksudnya bukan hanya yang dalam  Al Qur'an lho ya. Ayat-ayat ini bisa berupa semua ciptaan Allah SWT dan berbagai tanda kebesaran-Nya yang kita bisa lihat secara kasat mata. Dengan ini, kecerdasan spiritual dan intelektual Anda bisa terasah dengan baik .

▦ Mengamalkan Ilmu

Ndak hanya menuntut ilmu, kita dianjurkan untuk mengimplementasikan apa yang telah kita pelajari dalam kehidupan sehari-hari. Jika tidak diamalkan, ilmu tersebut tidak menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sebagai salah satu contoh, Anda bisa mengamalkan ilmu tersebut dengan mengajarkannya pada orang lain. Ilmu orang tersebut bertambah, Anda juga akan mendapatkan pahala yang berlimpah! Sungguh sebuah win-win solution.

▦ Menjaga Akhlak dan Etika

Sebaik-baiknya manusia, akhlak tetap jadi yang nomor satu. Untuk menjadi cerdas ala Rasulullah SAW, utamakan untuk berakhlak mulia dan mengutamakan etika. Prioritaskan untuk bersikap jujur, amanah, sabar, dan rendah hati. Seseorang dengan akhlak yang baik biasanya c menjadi pertanda bahwa tingkat kecerdasannya juga tinggi, Selain itu, sebisa mungkin jauhi juga segala bentuk perbuatan tercela lho ya!

▦ Berdo'a dan Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Cara cerdas ala Rasulullah SAW selanjutnya adalah meminta do'a untuk kecerdasan itu sendiri. Bahkan, Rasulullah SAW juga sering berdo'a kepada Allah SWT untuk meminta dilimpahkan segala ilmu pengetahuan pada Beliau. Anda juga sebaiknya mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah dan berzikir. Ini berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan Anda dari segi spiritual!

▦ Mengatur Waktu dengan Bijak

Keenam, perhatikan juga bagaimana cara Anda memanajemen waktu, ya! Rasulullah SAW pernah menganjurkan umatnya untuk memanfaatkan waktu dengan bijak. Bagilah waktu Anda dengan seimbang dalam tiga kategori ini: ibadah, pekerjaan, dan istirahat. Hindari juga melakukan hal-hal yang terkesan buang-buang waktu.

▦ Menjaga Kesehatan

Cara cerdas ala Rasulullah SAW yang terakhir adalah pandai-pandai menjaga kesehatan, Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,
“Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah daripada orang mukmin yang lemah.”
Untuk itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang halal dan thayyib sebagai salah satu cara menjaga kesehatan diri.




SettiaBlog minta maaf untuk semuanya, karena SettiaBlog bukanlah orang yang cerdas jadi banyak tindakan dan ucapan SettiaBlog yang menyakitkan orang lain. Dan video klip yang kedua ini ada "sober" milik Demi Lovato.

Melatih kecerdasan otak ndak selalu memerlukan usaha yang besar. Ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak, salah satunya adalah melalui gerakan-gerakan senam otak. Berdasarkan penelitian, gerakan sederhana ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan fungsi kognitif secara keseluruhan. Senam otak selama 7 menit setiap hari dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada fungsi otak. Gerakan sederhana yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang pada gilirannya meningkatkan oksigenasi dan nutrisi otak. Gerakan-gerakan ini termasuk di antaranya adalah "Cross Crawl," yang melibatkan gerakan menyilang antara tangan dan kaki, dan "Brain Button," yang membantu merangsang aliran darah ke otak.  Gerakan senam otak dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kreativitas dengan merangsang berbagai bagian otak secara bersamaan. Penting untuk diingat bahwa konsistensi adalah kunci dalam melatih otak. Melakukan senam otak selama beberapa menit setiap hari dapat menghasilkan manfaat yang signifikan dalam jangka panjang. Dengan demikian, memasukkan gerakan-gerakan sederhana ini ke dalam rutinitas harian dapat menjadi cara efektif untuk meningkatkan kecerdasan dan kesehatan otak.

No comments:

Post a Comment