Dec 7, 2021

Metode Promosi Jujur yang Semakin Berkembang



  Ini seandainya ya, SettiaBlog ingin menjual tanah lalu menawarkan dengan tulisan.

Di Jual Tanah
Harga Lumayan Mahal
3 juta / meter

Lokasi : Jalan MH Tamrin, tepi Jalan Raya.
Yang berminat hubungi :
Ibu Cempluk Fatmawati
(081515504030)

Menurut Anda kira - kira yang membaca tulisan di atas ada yang berminat membeli atau ndak? Pasti semua akan menjawab tidak mungkin, lha wong promosi kok bilang harganya lumayan mahal. Namanya kan promosi secara jujur he...he... (maaf ini hanya permisalan, maaf juga Kelly lagu "honestly" nya SettiaBlog gunakan backsound pada gambar Flamboyan merah di atas). Untuk promosi secara jujur nanti di bawah akan di bahas. Santai dulu....ini SettiaBlog mengetik sambil ngemil keripik pisang. SettiaBlog ada sedikit cerita. Pernah dulu waktu masih duduk di kelas 1 SMA mengikuti lomba tulis puisi lingkungan hidup tingkat nasional. Pesertanya umum, hampir semua seniman bahkan sastrawan senior. SettiaBlog kayaknya waktu itu pesertanya yang paling muda dan ndak begitu tahu soal puisi yang baik. Seingat SettiaBlog jumlah maksimal puisi yang di kirim 3 puisi. Berminggu - minggu SettiaBlog buat puisi. Ada 2 puisi yang benar-benar SettiaBlog tata dan edit berulang - ulang. Menempatkan kata yang terindah, menurut SettiaBlog waktu itu. Saat batas akhir kurang 4 hari, SettiaBlog ndak sengaja jalan - jalan, melihat pohon Flamboyan merah yang dulu waktu kecil sering SettiaBlog gunakan bermain sudah di potong, pohon nya itu buesar. Karena ada perasaan kehilangan lalu SettiaBlog tulis dan jadi sebuah puisi. Jadi waktu itu SettiaBlog kirim 3 puisi. SettiaBlog lupa, selang beberapa minggu SettiaBlog dapat kiriman sebuah kumpulan puisi lingkungan hidup dan piagam. Salah satu puisi yang SettiaBlog ikut kan lomba masuk 10 besar. Dan puisi "kenangan bersama Flamboyan" yang masuk 10 besar dan ada dalam buku kumpulan puisi tersebut. Puisi yang SettiaBlog tulis alakadarnya tanpa editan, memang menulisnya dengan kejujuran hati. Berangkat dari sinilah Settia membuat blog dengan konsep kejujuran, yang SettiaBlog alami tanpa banyak di edit. Semua pasti sudah melihat dan merasakan suasana dalam SettiaBlog, gambar, video, bahasan, semua alakadarnya tidak banyak di edit. Ternyata lebih bisa di terima dan di rasakan orang yang membacanya.

Bicara soal promosi, sepertinya orang sudah menerapkan berbagai metode promosi yang bermacam ragam. SettiaBlog sering menemui berbagai promosi yang sangat kreatif, baik menggunakan influencer, menggunakan segala pemikiran yang out of the box, bahkan tak sedikit promosi atau cara branding yang membuang uang yang tak sedikit. Tapi, kali ini SettiaBlog mau memperlihatkan cara promosi yang jujur dan apa adanya. Jika Anda pergi ke salah satu toko yang ada di Huntersville, North Carolina, Amerika Serikat. Di sana, diperlihatkan sebuah produk makanan yang bertuliskan ‘IT’SUGAR’ yang jika diterjemahkan menjadi: eat sugar, yang berarti makan gula. Hal yang membuat surprise ternyata, IT’SUGAR itu adalah merek dari produk makanan itu. Wow, amazing kan? Jadi dari awal memang sudah jujur kalau itu mengandung gula. Tidak hanya itu saja, ada juga tulisan: “Absolutely No Nutritional Value Added” yang artinya pastinya tak ada tambahan nilai gizi. Nah lho, jujur banget kan? Antara feeling surprised dengan kreativitas itu dan juga merasa tidak biasa dengan cara promosi macam itu, tapi SettiaBlog mau katakan, itulah salah satu produk yang bagi SettiaBlog kreativitasnya sangat out of the box. Kenapa? Karena produk tersebut memang menonjolkan sisi apa adanya yang meskipun kelihatan aneh, tapi jujur aja, hal itu sanggup menarik perhatian SettiaBlog, sampai sulit melupakannya.

Di bagian belakangnya, juga ada tulisan ‘A DELICIOUS PART OF YOUR UNBALANCED BREAKFAST‘, yang berarti bagian yang enak dari sarapanmu yang tak seimbang. Jadi, sudah sekitar 2 “kejujuran” yang di temukan dalam produk makanan tersebut dan belum lagi, komposisi unik yang ada di salah satu sisi produk tersebut. Tanpa merasa malu, mereka menulis CALORIES FROM SUGAR : ALL. Kalau kita baca, pastinya kita kan berpikir “apa ini, kenapa jujur banget gini? Ndak takut apa, kalau konsumen ndak jadi beli?” Tapi, akhirnya pertanyaan itu pun terjawab, tren memang sudah berubah. Hal itu dijelaskan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Boston Consulting Group pada tahun 2013. Mereka menanyakan kepada millenials, mengenai apa yang membuat mereka “engage” dan “interest” terhadap suatu brand. Ternyata jawabannya ada 2, yaitu: diskon/promosi dan honesty (kejujuran). Nah dari situ SettiaBlog pun mengerti, bahwa kejujuran, saat ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat penting. Apalagi, di era sosial media saat ini ketika masyarakat bisa menilai sendiri, seperti apa kira-kira bagusnya produk atau jasa yang dihasilkan suatu brand.

Kini pertanyaannya, bagaimana agar brand kita bisa laku dijual dengan menggunakan strategi pemasaran “honesty” tersebut? Beberapa cara di bawah ini mungkin bisa membantu :

1. Gunakan social media influencer yang kita minta untuk memaparkan honest review dari produk atau jasa yang kita hasilkan. Mintalah agar ia hanya memaparkan sisi jujur dari produk yang dipromosikannya.

2. Tulis saja apa adanya mengenai deskripsi produk tersebut di packaging produk yang kita hasilkan. Jangan lupa juga untuk membuat desainnya lebih menarik agar konsumen tersebut bisa mengingatnya. Seperti yang dilakukan oleh IT’SUGAR.

3. Kaitkan produk Anda dengan kebiasaan masyarakat pada umumnya. Jika masyarakat melihat ada keterkaitan antara produk Anda dengan kebiasaan masyarakat, hal itu akan membuat penjualan Anda menjadi lebih mudah.

4. Gunakan google reviews sebagai “senjata” Anda dalam pemasaran. Google reviews merupakan salah satu honest review yang berasal langsung dari masyarakat yang sudah menggunakan produk atau jasa Anda. Jadi, berupayalah sebaik mungkin agar Anda mendapatkan penilaian dan bintang yang tinggi dari Google reviews.

No comments:

Post a Comment