Pekerjaan yang menumpuk dan dikejar tenggat waktu, seringkali membuat kita merasa cemas dan sulit fokus dalam bekerja. Padahal, fokus merupakan hal terpenting saat kita bekerja atau saat beraktivitas di kehidupan sehari-hari. Ketika Anda sulit fokus, tentunya Anda tak dapat menyelesaikan pekerjaan secara efisien dan optimal. Setidaknya 50 persen pekerja, hanya bisa efektif dalam bekerja tidak lebih dari 15 menit. Kemudian, 53 persen pekerja hanya membuang waktu sebanyak 1 jam bahkan lebih. Hal tersebut dikarenakan banyaknya distraksi dan kendala. Berikut sedikit tip's yang dapat Anda lakukan untuk tetap fokus bekerja, baik ketika di rumah maupun di kantor.
1. Hilangkan distraksi
Tak jarang Anda menghentikan mengerjakan pekerjaan, karena adanya notifikasi sosial media, surat elektronik (surel), atau bahkan telepon dari teman mengajak makan siang. Anda yang pada mulanya sedang berkonsentrasi menjadi buyar seketika. Hal seperti inilah, yang harus Anda hindari untuk meminimalisasi pekerjaan yang tak kunjung selesai. Hasil survei dari laman majalah time menyatakan, bahwa 60 persen distraksi berasal dari surel, jejaring sosial, dan telepon genggam. Jadi, pastikan Anda untuk mematikan segala notifikasi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda. Anda dapat mengaktifkan mode pesawat atau mode hening di telepon genggam, Anda. Tak lupa, batasi juga waktu Anda saat berselancar di media sosial. Mungkin terlihat sederhana, namun ternyata berselancar di media sosial sangat menguras waktu dan energi Anda. Energi yang seharusnya digunakan untuk bekerja dan produktivitas, justru terbuang sia-sia begitu saja. Anda pastinya tidak mau, bukan?
2. Kerjakan satu tugas dalam satu waktu
Anda pastinya kerap mendengar istilah multitasking? Atau mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu. Misal menulis artikel sambil rapat atau mengerjakan laporan sambil menulis perencanaan kegiatan di kantor. Saat ini, coba hentikan untuk melakukan hal tersebut. Mungkin hal tersebut terlihat bagus, karena mampu menyelesaikan banyak hal dengan cepat. Namun ternyata, multitasking justru akan memperburuk kinerja otak Anda. Ketika Anda multitasking, akan ada 2 ingatan yang sedang bersaing di otak Anda. Ingatan tersebut, yakni ingatan pekerjaan pertama dan kedua. Hal ini akan mengakibatkan, otak merasa lelah berlebihan dan cenderung akan memberikan respon yang salah. Pada akhirnya, Anda akan membuat banyak kesalahan dalam bekerja dan pekerjaan tak kunjung selesai. Mulai saat ini, cobalah untuk mengatur prioritas dengan baik dan kerjakan satu per satu.
3. Ambil waktu jeda
Ketika Anda telah bekerja dengan durasi yang lama dan konsentrasi berkurang, cobalah jeda sejenak. Ambilah waktu sekitar 15 menit untuk mengisi ulang energi. Anda dapat latihan bernapas menjadikan tubuh rileks, mendengarkan musik, atau menyantap kudapan. Dengan begitu, akan membantu Anda dalam meningkatkan konsentrasi dan dapat menyelesaikan pekerjaan kembali. Disarankan untuk Anda jauhi ponsel atau bermain media sosial, alih-alih mengisi energi justru akan menguras energi Anda.
4. Isi energi
Jangan lupakan untuk Anda mengisi ‘bahan bakar’ otak sebelum bekerja. Ya, Anda perlu makan yang cukup dengan gizi yang seimbang. Tanpa adanya energi yang dihasilkan dari makanan dapat membuat Anda akan kesulitan fokus dalam bekerja. Makan dengan gizi seimbang akan membawa Anda fokus dalam bekerja, meningkatkan kinerja otak, dan mengembangkan metabolisme tubuh.
5. Siapkan air mineral di meja kerja
Bukan menjadi rahasia lagi, jika hilangnya dan sulit disebabkan oleh dehidrasi. Faktanya, sebanyak 60 persen tubuh manusia mengandung cairan. Inilah alasan kenapa minum air mineral sangat diperlukan. Ternyata, kurangnya cairan pada tubuh dapat memengaruhi kinerja otak dan suasana hati Anda. Tentunya ini akan mempersulit Anda ketika bekerja, bukan? Maka dari itu, cobalah sebelum bekerja siapkan terlebih dahulu air mineral di meja kerja. Hal itu agar Anda tidak lupa untuk minum dan tetap mencukupi kebutuhan cairan. Pastikan Anda untuk minum air mineral sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas sehari.
No comments:
Post a Comment